Bahaya Terlalu Banyak Memakai Dan Mencampur Kosmetik

bahaya mencampur kosmetikAkibat Terlalu Banyak Memakai Dan Mencampur Kosmetik, Semua kosmetik menjanjikan hasil gemilang dan semua membuat Anda semakin ingin mencoba. Namun, jangan sampai Anda malah memakai terlalu banyak produk perawatan yang bercampur-campur dan malah mengalami 5 efek buruk berikut:

1. Kulit gatal, beruntusan, dan kemerahan

Saat timbul ruam, beruntusan, gatal, dan kemerahan pada kulit wajah setelah memakai banyak produk perawatan wajah, Anda harus waspada, ini bisa jadi penanda kulit bereaksi dengan bahan-bahan dari produk atau terhadap perpaduan bahan-bahan dari produk-produk yang berbeda tersebut.

Reaksi ruam dan kemerahan bisa disebabkan kandungan parfum, pengawet, atau bahan acrylates di dalam kosmetik,” terang dr. Tsippora Shainhouse kepada NewBeauty.

2. Kulit menjadi lebih sensitif pada perubahan cuaca dan panas matahari

Bila biasanya, kulit Anda termasuk bandel dan jarang bermasalah, kemudian menjadi lebih peka (mengalami rasa perih, terbakar, atau kering) saat terkena kontak dengan sinar matahari atau pada suhu yang berubah, coba cek kembali produk-produk yang Anda gunakan. Bisa jadi, kulit menjadi sensitif dan reaktif terhadap cuaca karena pemakaian banyak produk kecantikan.

3. Kulit terasa kencang seperti ditarik, kering, dan kasar/berminyak berlebihan

Bila sebelumnya kulit Anda secara alami termasuk golongan kombinasi atau berminyak, kemudian setelah memakai beragam produk skin care kemudian mengalami sensasi kulit yang kering, kesat, dan kencang seperti ditarik, bahkan terasa kasar saat disentuh, hati-hati! Bisa jadi ini reaksi karena produk yang Anda gunakan formulanya terlalu keras sehingga mengeringkan kulit. Ini bukan pertanda baik, karena Anda akan merusak skin barrier dan punya potensi membuat kulit terlampu sensitif.

Sebaliknya, bila kulit terasa sangat-sangat berminyak padahal biasanya tidak demikian kondisinya, ini bisa juga adalah efek mencampur dan memakai banyak produk skin care. Asal Anda tahu, kulit jadi terlalu berminyak bisa merupakan efek karena kondisi kulit yang terlalu kering, lho!

4. Kulit mengilap namun tidak berminyak

Ada juga yang seperti ini, kulit Anda nampak mengilap namun bukan karena berminyak tetapi terasa tidak berminyak sama sekali, dan malah rasanya kencang dan kering. Ini bisa menjadi reaksi yang menunjukkan bahwa produk-produk skin care Anda bereaksi buruk dan menimbulkan efek samping terhadap kulit.

5. Jerawat dan peradangan semakin banyak

Mungkin alasan utama Anda mencampur dan memakai lapis demi lapis produk adalah untuk mengobati jerawat, namun setelah memakainya, malah jerawat semakin menjadi dan peradangan semakin parah. Menurut dr. Sejal Shah, dermatologis dari SmarterSkin Dermatology kepada Teen Vogue, “melawan kulit berminyak dan berjerawat dengan memakai banyak produk khusus jerawat bisa punya efek yang bertolak belakang. Saat Anda memakai terlalu banyak produk, kulit malah akan menjadi terlalu kering dan hanya memperparah peradangan.”

Saran sebelum mencampur dan memakai rangkaian panjang produk-produk perawatan kecantikan kulit, baca baik-baik bahan yang terkandung di dalamnya. Terutama yang mengandung bahan-bahan yang mengeringkan seperti acids, harap diingat bahwa AHA, BHA, dan retinol/retinoids adalah bahan aktif yang sebaiknya dipakai sendiri-sendiri dan tidak dicampurkan satu sama lain, serta tidak terlalu sering, karena akan jadi terlalu keras mengelupaskan dan mengeringkan kulit Anda. Saat mengalami kondisi-kondisi di atas, hentikan penggunaan produk dan temui dokter kulit untuk saran penanganannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *